Monday 26 September 2011

TIPS Memahami Pelajaran


Membuat ringkasan pelajaran, sehingga bisa dapat dibaca dimanapun kita berada.
Rajin mengulangi pelajaran.
Catat poin penting apa yang guru jelaskan.
Membaca sebentar pelajaran yg baru diajarkan sepulang sekolah dan belajar kembali di kala subuh..
1.      Matematika
Inti dari penguasaan Matematika adalah latihan soal. Matematika adalah pelajaran yang menuntut penyelesaian masalah secara logis dan runtut—yang sayangnya tidak bisa dihafalkan. Satu-satunya cara untuk menguasainya adalah dengan membiasakan diri mengerjakan metode2 penyelesaiannya. Jika terbiasa, tanpa sadar kita akan ‘paham2 sendiri’.
2.      Fisika
Untuk memahami pelajaran ini dibutuhkan pemahaman konsep dan latihan soal. Jika keduanya sudah dikuasai, sebetulnya Teman tidak perlu takut dengan deretan rumus. Menghafal rumus tanpa memahami konsep bisa2 berakibat keliru menafsirkan soal. Lagipula, itu hanya akan membuat kemampuan Fisika Teman ‘pincang’. Kalaupun bisa mengerjakan soal, Teman tidak tahu bagaimana penerapannya di kehidupan nyata.
3.      Kimia
Gabungan pemahaman konsep, hafalan, dan latihan soal. Kimia sebenarnya pelajaran yang menyenangkan^^. Kalau boleh dimampatkan, inti materi Kimia bisa jadi hanya satu: Tabel Periodik Unsur. Selama Teman hafal urutannya, paham sifat2nya, dan tahu penggunaannya, dijamin belajar Kimia akan lebih mudah. Jika menyangkut Stoikiometri dan sejenisnya, perbanyak juga latihan soal.
4.      Biologi
Banyak yang mengidentikkan Biologi dengan hafalan, tapi untuk menghafal materi yang ‘sakgedhabreg’ itu memang sulit luar biasa. Agar lebih mudah, Teman bisa membuat peta konsep. Membaca uraian di buku teks kadang2 bikin ngantuk… Lebih baik Teman ringkas dulu materinya, buat skema garis besar, baru tambahkan detil2nya. Dengan begini materi lebih terstruktur sehingga mudah dihafal.


No comments:

Post a Comment