Friday 25 March 2011

Dual Boot Win7 &Linux

Kelebihan Linux dari pada Windows :
1. Ini Linux Free of Charge (Gratis)
2. Sangat terbebas virus. Virus tidak akan berjalan di Linux.
3. Driver terdeteksi secara otomatis ketika menginstall Linux. Seperti VGA, Sound Card, USB, dll. Jadi langsung jalan
4. Dengan adanya Gnome seperti pada Ubuntu ini atau KDE yang membuat tampilan Linux berbasis GUI (Graifcal User Interface) yang menarik.
5. Terdapatnya beberapa komunitas yang membantu kita to solve problem jika ada kesulitan yang berhubungan dengan Linux, anda tinggal gabung saja dikota anda atau gabung di milis, misal dimilis ini http://klublinuxbandung@googlegroups.com or coba gabung di Linux.or.id jika kita mahasiswa Infomatika, wajib untuk migrasi ke Linux.
6. Efisien.
7. Installed OpenOffice, Firefox, AutoDetect juga, etc.
Berikut adalah langkah-langkah meng-install Linux di windows 7 :
Cara-cara yang dijelaskan dibawah ini adalah cara install Ubuntu di Windows sebagai aplikasi.
1. Masukan CD Linux dan jalankan aplikasinya.
2. Muncul tampilan Ubuntu Menu, karena akan meng-install Ubuntu di Windows maka klik Install Inside Windows.
3. Akan muncul tampilan Ubuntu installer. Pilih opsi-opsi yang diinginkan. Masukan usernambe dan password secara benar, karena akan di inpitkan saat pertama kali masuk ke Linux. Jika sudah klik install.
4. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Hanya memerlikan waktu beberapa menit untuk install di windowsnya.
5. Ketika proses instalasi selesai, pilih Reboot Sekarang.
6. Setelah reboot, akan muncul tampilan dual boot Windows 7 dan Ubuntu. Pilih Ubuntu, selanjutnyakan diteruskan proses instalasi Ubuntu. Memerlukan waktu kira-kira 15-20 menitan.
7. Setelah proses instalasi Ubuntu selesai, akan muncul tampilan Log On Screen. Masukan Username dan password yang telah di inputkan pada proses nomor 3 tadi.
8. Proses Instalasi Linux Ubuntu telah selesai. Sekarang bisa digunakan.

Karena cara di atas merupakan cara install Linux Ubuntu di Windows. Maka pengaturan bisa dilakukan di Windows. Untuk memilih default OS mana yang dinginkan. Dan di Windows dianggap sebagai aplikasi, bisa dilihat dengan cara, Klik Start >> Control Panel >> Program and Features.
Untuk memilih default OS yang dinginkan apakah Ubuntu atau Windows, caranya adalah, Klik kanan pada Computer yang ada di desktop Windows >> Properties. Muncul tampilan dari system windows, lalu klik Advanced System Settings. Setelah diklik muncul tampilan System Properties, klik Tab Advanced, pada bagian Startup and Recovery klik Setting. Pada Default Operating System, pilih OS yang dinginkan pada saat boot. Klik Ubuntu jika ingin deafaultnya Ubuntu, jika sudah dipilih klik OK

No comments:

Post a Comment