Friday 19 February 2016

Salah Tingkah

Pernah tidak merasa salah tingkah ketika bertemu atau berbicara dengan seseorang? Menggaruk kepala yang tidak gatal, mempermainkan jari-jari tangan, denyut jantung tidak beraturan, atau kata-kata yang keluar tdk terstruktur, gugup. Sebagian besar kita mungkin pernah merasakannya. Muncul begitu saja dan tdk bisa kontrol, refleks.
Dilain waktu, ketika kita berinteraksi dengan teman-teman yang lain selain orang tersebut, gestur tubuh kita santai, rileks, dan nyaman. Kata-kata yang keluar pun terdengar enak dan teratur. Mengapa demikian?
Sikap ini sebenarnya timbul karena kita ingin tampil sempurna dihadapan orang yang kita cintai. Tidak ingin ada cacat yang muncul. Maka dimulailah semuanya dibuat sedemikian rupa agar terkesan perfect. Gaya bicara dibuat-buat, tindak tanduk diatur, yang justru akan tampak kaku bila kita perhatikan dengan seksama. Sudah tidak apa adanya. Tidak natural. Orang yang seperti ini, sadar atau tidak sadar, tidak merasa yakin dengan dirinya sendiri dan akan berujung pada kehilangan karakter.
Sikap yang seharusnya kita bangun saat kita berinteraksi dengan orang lain khususnya orang yang kita sukai adalah sikap apa adanya, keterbukaan, dan jujur satu sama lain. Tidak peduli apa tanggapannya, kita tampilkan diri kita sesuai yang sebenarnya.

No comments:

Post a Comment