Sunday 3 November 2013

Merawat Laptop/PC

Aku terinspirasi menulis ini karena banyaknya teman-teman yang mengeluh tentang laptopnya yang tiba tiba blank, sedikit sedikit mau install. Padahal laptop yang terlalu sering diinstal itu juga gak akan tahan lama dan kemungkinan hardisknya cepat rusak. jadi kalau ada cara lain selain install, usahakan cari solusi lain. Install adalah cara terakhir. Dan yang paling penting adalah perawatan laptop itu sendiri. Kalau kita pintar merawat dan tahu caranya, maka dalam waktu yang lama laptop bakal baik-baik saja. Sebagai contoh, laptop saya sejak saya beli 2 tahun lalu, baru satu kali diinstall dan baterainya masih awet dan tidak soak. Berikut beberapa tips trik merawat laptop supaya awet lebih lama baik hardware maupun softwarenya.

1. Update anti virus minimal 1 kali dalam 1 bulan, maksimalnya ya sesering mungkin, bagusnya sekali dalam seminggu. Sebenarnya tidak ada istilah antivirus bagus juga anti virus jelek. Semua anti virus bagus asalkan kita selalu meng-update-nya. Mau itu Avira, Norton, Kasperskey, Smadav, atau apalah, semuanya bagus kok yang jelas diupdate. Yang masalah biasanya, setelah diinstal, antivirusnya gak pernah di update lagi sehingga virus gampang menyerang PC kita coz gak mampu mendeteksi virus. Oh iya, sering gak lihat virus ramnit di PC ataupun flashdisk yang walaupun FD sudah diformat tetap saja ada? Nah, install aja software “Ramnit Killer”. Dijamin PC (Laptop/Notebook) bakal bersih deh.

2. Pake Tune Up. Ini untuk menjaga laptop agar gak cepat loading, merapikan “sampah” file-file dalam laptop, dan memaksimalkan kinerja PC.
3. jangan dipake sambil mencharger PC. Ini akan menyebabkan baterai gak awet.  Bagusnya kayak mencharge handphone, saat tidak digunakan baru di charge, nanti baterainya full, baru dipake sampai baterainya menunjukkan lowabat, baru charge lagi. Begitu seterusnya. Tapi kalau sekali-kali gak apa-apa, misalkan ada pekerjaan di laptop yang butuh waktu lama sampai setengah hari atau seharian penuh, ya gak masalah. Tapi jangan keseringan. Dan satu lagi, jangan biarkan laptop digunakan sampai baterainya empty betul karena baterai akan langsung soak dan tidak mampu lagi tahan lama. Biasanya akan langsung muncul tanda “baterai replacing consider” dengan tanda seru merah berkedip-kedip pada icon baterai. 

4. saat menggunakan laptop, letakkan di tempat yang datar dan keras seperti meja, papan, lantai, dan sebagainya. Jangan letakkan di tempat yang empuk dan berpori seperti menggunakan laptop di atas bantal, kasur, dll. Mengapa? Bagian dasar laptop memiliki saluran pembuangan panas akibat kerja procecor. Saluran ini jika tertutup saat laptop sedang bekerja makan akan menyebabkan panas tidak keluar yang akibatnya meningkatkan kerja laptop, dan dapat merusak bagian internal yang sensitif terhadap panas. Apabila ini berlangsung lama dan menjadi kebiasaan bahkan bisa merusak mainboard yang harganya bisa setengah atau hampir sama harganya dengan laptop baru

No comments:

Post a Comment