Karakteristik Transistor Bipolar (BJT)
A.Tujuan
1.Mengetahui parameter-parameter penting sebuah transistor bipolar (BJT)
2.Memahami karakteristik dan prinsip kerja transistor bipolar (BJT)
3.Menentukan besar factor penguatan arus(β) dari transistor bipolar (BJT)
B.Pengantar
C.Alat dan Bahan
1.Kit percobaan untuk : Konfigurasi CE
2.Power Supply
3.Voltmeter, 2 buah
4.Amperemeter, 2 buah
5.Kabel penghubung
6.Rheostat/ potensiometer, 2 buah
7.Transistor n-p-n
D.Prosedur Kerja
Ø Karakteristik Input
1. Rangkai dan pelajari kit percobaan di gambar
2. Atur
V dan
V


3. Atur agar semua alat ukur menunjukkan angka nol
4. Putar perlahan-lahan rheostat
sampai maksimum (
harus menunjukkan 0.6 V – 0.7 V ketika rheostat maksimum)


5. Naikkan
dengan kelipatan 0.02 V, dan catat
setiap kenaikan tersebut


6. Nol-kan kembali semua alat ukur
7. Atur Rheostat sampai
=2 v

8. Naikkan
dengan kelipatan 0.02 V, dan catat
setiap kenaikan tersebut


9. Nol-kan semua alat ukur
10. Ulangi langkah (8) untuk
=4 V, 6V, 8V, 10V sampai maksimum

Ø Karakteristik Output
1. Nol-kan kembali semua alat ukur(Atur agar ketika
= 0
,maka
)



2. Atur
= 20 mA

3. Naikkan
dengan kenaikan 2 V, dan catat
setiap kenaikan tersebut


4. Nol-kan kembali semua alat ukur
5. Ulangi langkah (2) dan (3) untuk
= 40 mA, 60 mA, 80 mA, sampai maksimum

Ø Karakteristik Ciri Alih (Transfer Arus Konstan)
1. Nol-kan semua alat ukur
2. Atur
=7 V

3. Naikkan
perlahan-lahan dengan kelipatan 


4. Baca dan catat
setiap kenaikan tersebut

E.Analisis Data
Setelah seluruh rangkaian kegiatan di atas telah dilaksanakan, maka perlu diketahui teknik analisis datanya yakni sebagai berikut:
1.Buatlah grafik hubungan antara arus basis (I ) sebagai fungsi dari tegangan Basis-Emitter (V ).Buat dengan program Excel.
2. Buatlah grafik hubungan antara arus Collector (I ) sebagai fungsi dari tegangan Collector-Emitter (V ).Buat dengan program Excel.
3. Buatlah grafik hubungan antara arus Collector (I ) sebagai fungsi dari Arus Basis (I ) kemudian tentukan factor penguatan arus (β) dari grafik tersebut
4. Berikan interpretasi dari ketiga grafik yang telah dibuat.
No comments:
Post a Comment